KNPI Pegunungan Arfak Gelar Rapimda dan Pelantikan

0

 


OridekNews.com, MANOKWARI – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menggelar Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) dan pelantik Ketua KNPI tingkat Distrik se-Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Jumat (16/10/2020).

Rapimda dan pelantikan yang digelar di Gedung DPD KNPI Provinsi Papua Barat, di Kompleks Sowi Gunung, Manokwari itu dihadiri perwakilan Pjs. Bupati Pegaf, Anggota DPRD Pegaf, dan Ketua DPD KNPI Papua Barat Sius Dowansiba.

Kemudian, dihadiri juga oleh perwakilan puluhan OKP dan organisasi Cipayung yakni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Kegiatan yang dibuka oleh Pjs Bupati Pegaf, Lasarus Indou yang diwakili Asisten III Setda Pemkab Pegaf itu, diawali dengan pelantikan dan penyerahkan bendera pataka kepada pengurus KNPI tingkat distrik.

Ketua Karateker DPD KNPI Pegaf, Yustinus Meidodga menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Pegaf  yang sudah memberikan dukungan kepada DPD KNPI Pegaf, untuk melaksanakan Rapimda.

Menurutnya, peran pemuda saat penting dalam pembangunan suatu daerah dan secara umum bagi bangsa dan Negara.

Lanjut Yustinus Meidodga, sejarah perjuangan Bangsa Indonesia tida terlepas dari peran pemuda, untuk terus mencetuskan ide-ide perubahan yang berlansdaskan pada militansi dan idealism. Itu terbukti, seperti terjadi kebangkitan nasional dan terjadi sumpah pemuda.

“Pelantikan KNPI tingkat distrik se-Kabupaten Pegaf, itu membuktikan bahwa cita-cita dan perjuangan daripada pemuda terus masih ada dalam diri genara saat ini, untuk terus melanjutkan cita-cita di Negara terlebih khusus daerah kita,”ujar Yustinus.

Kata dia, pelantikan 10 Ketua KNPI Distrik tersebut, memberikan pesan bahwa pemuda memiliki tanggungjawab mengawal proses pembangunan, baik di Indonesia dan secara khusus di Kabupaten Pegaf.

Baca Juga :  Jelang Pemilu, Kapolda Papua Barat Nilai Banyak Orang Mau Menang Tetapi Tidak Ingin Kalah

“Maka itu menjadi tanggungjawab pengurus yang baru saja dilantik. Untuk terus bersinergi dengan pemerintah mulai dari tingkat distrik, sampai dengan kabupaten. Supaya seluruh proses pembangunan, kebijakan Pemda selalu mengawal dan mendukung,”terang Meidodga.

Dirinya berharap kepada pengurus KNPI distrik, agar selalu berkoordinasi dan berdialog dengan pemerintah distrik, dalam rangka bekerjasama memberikan ide dan gagasan demi pembangunan daerah.

Dia mengatakan, bahwa Rapimda merupakan forum tertinggi sebelum memasuki Musyawarah Daerah (Musda), sehingga Rapimda ini dapat terlaksanakan dengan baik sesuai peraturan organisasi, agar dapat menghasilkan hasil untuk dibawa ke Musda yang akan datang.

Sementara Ketua DPD KNPI Provinsi Papua Barat, Sius Dowansiba mengapresiasi, pengurus karateker yang memiliki keingginan besar untuk menyukseskan Musdis, Rapimda, dan nantinya akan sampai di Musda.

“Hanya demi melahirkan, pemimpin-pemimpin masa depan kabupaten Pegaf Provinsi Papua Barat. Saya apresiasi pemuda-pemuda dari pegaf yang sudah hadir, dan itu bertanda bahwa pemuda pegaf menginginkan ada perubahan,”kata Dowansiba.

Maka dirinya berharap, persatuan dan kesetuan pemuda dari 10 distrik ini agar kedepan tetap solid, guna menciptakan kebersamaan bagi masyarakat Arfak menuju perubahan dan itu harus sejiwa, sehati, dan seroh.

“Dengan melihat antusia pemuda arfak, kami sebagai senior sangat bangga. Oleh karena itu, diharapkan kebersamaan ini harus tetap dijaga sampai kapan pun,”tuturnya.

Sius Dowansiba berharap, agar dalam Musda pemilihan ketua definitif DPD KNPI Kabupaten Pegaf sudah tentu akan ada persaingan dan pastinya akan ada cekcok. Namun, diharapkan kepada para kandidat agar tidak dibawa dalam hati.

“Pertaruhan untuk menjadi pemimpin itu pasti ada cekcok, tapi cekcok itu tidak dibawa dalam hati, supaya tidak terjadi perpecahan dikemudian hari,”tandasnya. (ONE/ON)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here