Mahasiswa PKL II Polbangtan Manokwari Identifikasi Potensi dan Permasalahan Petani di Kampung Moyang

0
Mahasiswa PKL II Pendampingan Pembangunan Pertanian Polbangtan Manokwari, Frendi Oksa Putra bersama petani di Kampung Moyang.
Mahasiswa PKL II Pendampingan Pembangunan Pertanian Polbangtan Manokwari, Frendi Oksa Putra bersama petani di Kampung Moyang.

Orideknews.com, MANOKWARI, – Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) II dan Pendampingan Pembangunan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari di BPP Prafi melakukan indentifikasi potensi masalah di kelompok tani Moyang 3 di Kampung persiapan Moyang Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari.

Salah satu Mahasiswa yang melakukan Identifikasi Potensi dan Masalah, Frendi Oksa Putra, menjelasakan bahwa, potensi yang ada di Kampung persiapan Moyang yakni tanaman  Hortikultura dan tanaman Pangan dengan luasan area tanam untuk tanaman horti seluas 5,5 hektar sedangkan tanaman pangan seluas 16,5 hektar.

Permasalahan yang sering dihadapi petani Kampung Persiapan Moyang, kata Frendi, terkait pengendalian hama penyakit, dimana petani belum sepenuhnya memahami tentang tata cara pendendalian hama penyakit dengan baik dan benar.

“Petani  dengan begitu  mengaharapkan mahasiswa dapat membagi ilmu yang didapat dibangku perkuliahan kepada petani untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami petani agar hasil panen dapat meningkat dan pendapatan petani juga ikut meningkat,” jelas Frendi.

Dia menambahkan, petani berharap wabah Covid-19 segera berakhir sehingga petani dapat mengakses hasil pertaniannya kepasar seperti biasanya, dikarenakan kebutuhan hidup yang semakin besar dan pemasukan tidak sebanyak hari biasa. (RR/ON)

Baca Juga :  Tahanan Kabur, Yembise: Lapas Over Kapasitas



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here