Mahasiswa PKL, Penyuluh dan Petani Panen Padi di Udapi Hilir

0

Orideknews.com, MANOKWARI, – Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari yang melaksanakan PKL di Kampung  Udapi Hilir, Prafi bersama petani dan penyuluh panen padi.

Salah satu mahasiswi Polbangtan, Reni Pigome dalam keterangan tertulisnya, belum lama ini, mengatakan bahwa, ditengah merebaknya virus corona atau Covid-19 yang begitu masif, tidak mengurangi semangat petani di Kampung Udapi Hilir untuk tetap giat turun ke sawah memanen padi yang kini sudah memasuki puncak panen.

Kata Reni, petani berharap wabah Covid-19 segera berlalu, sehingga dapat memenuhi kebutuhan komoditas tanaman pangan.

Sementara itu, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Suarni S.PT menjelaskan, panen padi tahun ini memberikan hasil cukup baik, terutama untuk varietas padi sawah lokal dengan hasil ubinan 1,5 ton perhektar atau sama dengan rata-rata produktivitas nasional.

“Tingkat serangan hama cukup rendah karena PPL selalu memperhatikan petani. Kemudian, padi sawah yang ditanam adalah varietas lokal, diantaranya, pulut, segon, kabut, Seni, Karang Bungo, Silang dan Kuning,” ungkap Suarni.

Dia menyebut, luas per tanaman padi sawah di lokasi panen seluas 4 haktar. Dengan luasan 4 hektar, juga melaksanakan panen dengan menggunakan alat manual dan combain harvester. Kemudian, hasil ubinan sekitar 1.6 kg per hektar. (RR/ON)

Baca Juga :  Datang ke Manokwari, Kapolri Tito Dijemput Oleh Gubernur di Bandara Rendani



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here