Mahasiswa PKL Polbangtan Bantu Petani Lokal di Kampung Ibuwau Terapkan P2L

0
Mahasiswi PKL II dan Pendampingan Pembangunan Pertanian Konstratani Polbangtan, jurusan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Cyska Paula Somba saat bersama seorang warga saat penerapan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).
Mahasiswi PKL II dan Pendampingan Pembangunan Pertanian Konstratani Polbangtan, jurusan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Cyska Paula Somba saat bersama seorang warga saat penerapan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Orideknews.com, MANOKWARI, – Mahasiswa PKL II dan Pendampingan Pembangunan Pertanian Konstratani Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari menyasar sebanyak 25 rumah di Kampung Ibuwau Distrik Warmare guna membantu petani lokal memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan keluarga.

Mahasiswi PKL II dan Pendampingan Pembangunan Pertanian Konstratani Polbangtan, jurusan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Cyska Paula Somba dalam keterangan tertulisnya yang diterima media ini mengaku, merebaknya pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, tidak hanya membawa masalah kesehatan masyarakat, tetapi ekonomi terhadap pangan, dan ketersediaan pangan yang dapat menganggu ketahanan pangan individu, keluarga maupun nasional.

“Walaupun demikian, Kementerian Pertanian sudah punya solusinya, salah satunya melalui kegiatan Pekarang Pangan Lestari (P2L). Pemanfaatan pekarangan ini bertujuan meningkatkan ketersediaan, aksesibilitasi dan pemanfaatan pangan rumah tangga serta meningkatkan pendapatan rumah tangga,” jelas Cyska.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan anjuran dari kementerian pertanian yang menyarankan agar ketahanan pangan tetap terjaga di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Kami mengajak petani lokal memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam aneka tanaman sayur-sayuran sehingga petani tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke kebun mereka, dikarenakan para petani lokal di Kampung Ibuwau, berkebun di area hutan yang jauh dari rumahnya,” ungkapnya.

Mengingat pandemi Covid-19, kata Cyska, saat ini, pihaknya merasa P2L ini lebih efisien bagi masyarakat, karena masyarakat tidak perlu lagi keluar rumah sehingga ini sejalan dengan anjuran pemerintah yang menganjurkan masyarakat #dirumahaja guna menekan penyebaran Covid-19. (RR/ON)

Baca Juga :  Tandirerung: PSI Manokwari Optimis Hadapi Pemilu



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here