Mahasiswa PKL Polbangtan Manokwari di Tana Toraja Buat Media Pembibitan Tanaman Kopi

0

Orideknews.com, MANOKWARI, – Dua orang mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari yang saat ini melakukan PKL I di kecamatan Gandang Batu Sillanan, kabupaten Tana Toraja, membuat tempat pembibitan penanaman kopi dan pemangkasan kopi.

Kegiatan kedua mahasiswa PKL, Adrianto litha Gunawan dan Ismawati ini dilakukan Bersama 5 mahasiswa Polbangtan Gowa di kantor BPP Gandang Batu Sillanan.

Dari keterangan tertulis yang diterima media ini, salah satu mahasiswa, Adrianto litha Gunawan mengaku, ditengah maraknya wabah Covid-19, tidak menyurutkan semangat keduanya di tempat PKL.

Dikatakannya, kegiatan itu selain dimaksudkan untuk melaksanakan tugas PKL, juga menjalin kerja sama baik antar sesama Polbangtan.

 

Adrianto menyebutkan bahwa, dengan adanya pembuatan tempat pembibitan yang dilakukan, sangat mempermudah kegiatan para petani untuk proses pembibitan tanaman kopi  sebanyak 3000 bibit.

“Namun ada beberapa keluhan dari para petani dalam membudidayakan kopi, salah satunya pembuatan lubang tanam dan pemangkasan karena menurut mereka, kegiatan tersebut sangat memakan waktu yang lama sehingga pekerjaan mereka yang lain terbengkelai,” ungkap  Adrianto.

Dia mengaku, dengan adanya bimbingan dari penyuluh secara terus-menerus dan proses kegiatan PKL mahasiswa beberapa petani mulai terbuka wawasannya untuk mengembangkan kopi sesuai standar operasional yang di anjurkan. (RR/ON)

Baca Juga :  Duta Petani Milenial Papua Barat Bersama 65 DPM dan DPA Dikukuhkan Kementan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here