Mahasiswa PKL Polbangtan Sebut Petani di Udapi Hilir Masih Panen Padi Secara Manual

0

Orideknews.com, MANOKWARI, – Petani di Kampung Udapi Hilir Distrik Prafi dibantu mahasiswi PKL II dan Pedampingan Pembagunan Pertanian Kostratani Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari.

Mahasiswi tersebut adalah Maria Yosepina. Mahasiswi prodi Perternakan dan Kesejateraan Hewan, ini membantu petani memanen padi untuk dijadikan benih yang untuk disemai.

“Dalam tujuan pembagunan pertanian ditengah pendemi covid-19 diharapkan bisa meningkatkan produksi pangan dan ketahanan pangan secara berkelanjutan,” jelas Maria Yosepina dalam keterangan tertulisnya, Selasa, (16/6/2020).

Dikatakannya, pembagunan pertanian di Kampung Udapi Hilir terdapat permasalahan yaitu pada sarana  seperti mesin panen yang kurang. Sedangkan sangat diperlukan bagi petani.

“Sebagian petani memilih untuk panen secara manual menggunakan arit dan alat seadanya,” jelasnya.

Kata dia, permasalahan tersebut tidak menghambat semangat dan usaha para petani seperti Satimin, dalam melaksanakan tugas sebagai penjaga tatanan negara Indonesia (petani) mengolah lahan seluas 0,5Hektar yang dimilikinya.

“Walaupun saya jurusan perternakan tapi tak menghambat saya untuk mengenal pertanian karena dapat menambah ketrampilan dan mendapatkan ilmu agar kedepannya saya dapat terapkan didunia kerja,” tambah Maria Yosepina. (RR/ON)

Baca Juga :  STPP Manokwari Sosialisasikan Optimalisasi Alsinta



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here