Mahasiswa Polbangtan Manokwari Bantu PPL Memberikan Obat Cacing dan Vitamin Pada Ternak Sapi

0

Orideknews.com, MANOKWARI, – Mahasiswa PKL II dan Pendampingan Pembangunan Pertanian Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari di BPP Masni Sp7, membantu PPL dalam pemberian obat cacing dan vitamin ternak sapi di Kampung Sumber Boga Sp 7.

Selain melakukan kegiatan PKL II dan Pendampingan, mahasiswa juga dapat mengasah keterampilan atau ilmu yang sudah didapatkan dibangku kuliah.

Salah satu mahasiswi yang ikut dalam kegiatan itu, Dewi Masitoh berharap rekan-rekannya dapat lebih terampil dalam kemampuan saat berada di lapangan.

“Kegiatan ini juga agar kita lebih dekat terhadap para peternak sehingga bisa bertukar pengalaman dan ilmu yang mungkin tidak didapatkan di bangku perkuliahan,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima media ini.

Dewi Masitoh menjelaskan, dalam pemeberian obat cacing pada ternak, tidak sembarang diberikan langsung, melainkan harus measatikan terlebih dahulu apakah ternak tersebut dalam keadaaan bunting atau tidak.

“Karena jika dalam keadaan bunting maka akan sangat berpengaruh terhadap kandungannya, sehingga sapi bisa mengalami keguguran atau gagal bunting,” ungkapnya.

Dikatakannya, pemberian obat cacing sebaiknya di lakukan sejak masih pedet dan di ulang secara berkala yakni, setiap 3-4 bulan sekali guna membasmi cacing secara tuntas dan memutus siklus hidup parasi. (RR/ON)

Baca Juga :  Purwanta Akui Perangkat, Panduan Program dan SK PJ 'Petani Milenial' Papua Barat dalam Proses



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here