Mahasiswa Polbangtan Manokwari Diharapkan Jadi Petani Milenial Yang Berinovasi

0

Orideknews.com, MANOKWARI, – Mahasiswa PKL II dan Pendampingan Pembangunan Pertanian Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbagtan) Manokwari membantu petani melakukan pemberian pupuk kandang kotoran kambing di Distrik Aimasi Sp 3, Prafi.

Pemberian pupuk yang dilakukan di ladang petani, Japar tersebut, didampingi oleh penyuluh pertanian, Ahda Winarsih, S.ST.

Salah satu mahasiswi yang mengikuti PKL, Desri mengaku pihaknya tidak hanya melakukan pemberian pupuk dasar, melainkan pembajakan lahan, hingga pembuatan bedengan.

Pemberian pupuk kandang diberikan untuk setiap bedengnya sebanyak 1 karung 50 kg pupuk kandang.

“Saya mengarahkan mereka (mahasiswa.red) untuk membantu pak Japar agar mereka paham dan mengerti mengenai pengolahan lahan dan bagaimana keadaan di lapangan yang sebenarnya,” jelas Ahda Winarsih.

Dikatakannya, pada pmbuatan bedeng, harus menerapkan Gembur Rata dan Bersih (GRB) agar dalam pemasangan mulsa tidak ada benjolan di atas bedeng.

Sementara itu petani, Japar sangat berterimakasih kepada mahasiswa yang telah membntu dalam pngolahan lahan yang rencananya akan ditanami terong tersebut.

“Petani dan PPL sangat berharap semoga mahasiswa Polbagtan Manokwari dapat menjadi petani milenial yang penuh dengan inovasi baru. Mahasiswa Polbagtan Manokwari memiliki pola pikir yang luas sehingga dapat meningkatkan ilmunya di bidang pertanian,” ungkap Japar. (RR/ON)

 

Baca Juga :  Kobarkan Semangat Knowledge Sharing, Kamasan Tembaga Sambangi Kampus Fakultas Teknik Uncen



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here