Mahasiswa Polbangtan Manokwari Harap Petani di Halmahera Timur Dibekali Mesin Panen Moderen

0
Mahasiswa prodi Penyuluhan Pertnian Berkelanjutan Polbangtan Manokwari, Sudirja Sudin bersama petani melakukan panen jagung secara tradisional.
Mahasiswa prodi Penyuluhan Pertnian Berkelanjutan Polbangtan Manokwari, Sudirja Sudin bersama petani melakukan panen jagung secara tradisional.

Orideknews.com, MANOKWARI, – Mahasiswa PKL II dan Pendampingan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari di BPP Maba Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, membantu petani dalam pemanenan tanaman jagung.

Mahasiswa prodi Penyuluhan Pertnian Berkelanjutan Polbangtan Manokwari, Sudirja Sudin, mengaku saat panen, banyak petani masih menggunakan alat tradisional yaitu dengan menggunakan sabit.

“Dalam hal ini saya rasa untuk mengubah keterampilan petani untuk menggunakan alat mesin pertanian yang moderen mungkin agak sulit, karena mereka sudah terbiasa dengan alat yang tradisional dan juga belum ada alat pemanen jagung atau corn harvester sehingga ini menjadi suatu kendala bagi petani,” jelas Sudirja melalui keterangan persnya yang diterima media ini belum lama ini.

Dia mengatakan, mengubah kebiasaan masyarakat memang membutuhkan waktu, namun kata dia, hal itu segera dilakukan karena petani saat ini harus bekerja dengan alat modern sesuai zaman.

“Dan Saya berharap suatu ketika dalam waktu yang tidak lama petani kabupaten Halmahera Timur khususnya Desa Peteley, Kecamatan Maba Selatan menjadi petani modern,” tambahnya. (RR/ON)

Baca Juga :  Kapolda PB: Pendidikan dan Potensi Pariwisata di Papua Luar Biasa, Mindset Lulusan Harus Diubah



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here