Mahasiswi PKL II dan Pendampingan di Warmare Bersama Petani Lokal Panen Singkong

0

Orideknews.com, MANOKWARI, – Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari yang melaksanakan PKL II dan Pendampingan Pembangunan Pertanian Konstratani di Kampung Ibuwau Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari membantu petani lokal memanen singkong, Senin, (1/6/2020).

Salah mahasiswi PKL, Amina Rumadan dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, pemanenan singkong yang dibantu mahasiswa Polbangtan ini menggunakan teknik secara manual dengan cara memotong batang singkong, kemudian  menggali tanah di pinggiran pohon singkong menggunakan kayu secara hati-hati, lalu singkong di tarik perlahan-lahan agar singkong tidak mudah patah.

“Petani lokal yang ada di kampung tersebut secara keseluruhan sistem bertaninya masih tradisional, mereka tidak menggunakan pupuk dan sering kali berpidah-pindah tempat. Setelah panen maka mereka kembali membuka lahan baru,” ungkap Amina.

Kata dia, jarak rumah dan lahan mereka sekitar 1 km bahkan ada yang lebih jauh dari pemukiman.

Pihaknya, memberikan pemahaman tentang instruksi Kementan kepada petani lokal agar tetap memproduksi makanan lokal untuk ketahanan pangan pada masa pandemi virus corona (covid-19).

Amina menambahkan, musim tanam di Kampung Ibuwau dimulai sejak November 2019, yang dilakukan individu dan tidak serentak, cara berkebunnya pun berpindah-pindah tempat.

“Luas lahan yang dibuka biasanya setengah hektar untuk 2-3 orang dan di bagi setiap orangnya. Karena bertani mereka juga secara keluarga mulai dari Ibu dan anak,” tutup Amina. (RR/ON)

Baca Juga :  Ini Upaya Polbangtan Manokwari Lakukan Pencegahan Penyebaran COVID-19



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here