Masa Pandemi Covid-19, Mahasiswa Polbangtan Manokwari Manfaatkan Aplikasi e-Campus

0
Salah satu Tim Ahli Teknologi Informasi Polbangtan Manokwari, Muhammad Budi Ekocahyono saat penyampaian materi bagi mahasiswa.
Salah satu Tim Ahli Teknologi Informasi Polbangtan Manokwari, Muhammad Budi Ekocahyono saat penyampaian materi bagi mahasiswa.

 


Orideknews.com, Manokwari, –  Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengajak generasi milenial untuk beradaptasi dengan tuntutan keadaan. Hal ini dikatakannya Menyikapi kembalinya diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang semakin memperketat ruang gerak masyarakat, tak kecuali para pelajar.

“Pandemi Covid-19 menjadi tanda perubahan paradigma, di sinilah tantangan kita,” ungkap Menteri SYL.  Para peserta didik yang tergabung dalam Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan, baik Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjenering Pertanian Indonesia (PEPI) terjadwal untuk melaksanakan Learning From Home (LFH) hingga Januari mendatang.

“Mahasiswa Polbangtan dan juga PEPI dengan menerapkan LFH menjadi semakin adaptif teknologi,” sebut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi di masa pandemi Covid-19 sudah menjadi keharusan, terlebih untuk calon petani pengusaha milenial.

Menyikapi hal itu, setelah sebelumnya telah memperdalam e-Campus untuk Dosen dan Tenaga Pendidik.  Kini giliran Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari mendapatkan sosialisasi e-Campus secara virtual.

Direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes yang diwakili oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik, Susan C. Labatar mengatakn, kegiatan yang dilakukan dibagi menjadi tiga sesi.  “Sesi pertama didahului oleh Mahasiswa Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, pada hari jumat,” jelas Susan.

Sesi kedua dan ketiga sebut Susan, diilakukan pada hari Sabtu (26/9) bagi Mahasiswa Program Studi Penyuhulahan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan dan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan.  Kegiatan dipandu oleh Tim Ahli Teknologi Informasi Polbangtan  Manokwari, Muhammad Budi Ekocahyono.

Sama seperti Dosen dan tenaga pengajar, mahasiswa juga dapat memanfaatkan e-Campus untuk jadwal perkuliahan, presensi kehadiran, nilai menjadi transparan dan terintegrasi dengan Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Nsd/RR/ON)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here