Merajut Kebersamaan, Ikatan Keluarga Besar Numfor di Manokwari Raya Akan Gelar Ibadah

0
Merajut Kebersamaan, Ikatan Keluarga Besar Numfor di Manokwari Raya Akan Gelar Ibadah. Foto: IST
Merajut Kebersamaan, Ikatan Keluarga Besar Numfor di Manokwari Raya Akan Gelar Ibadah. Foto: IST

 







Orideknews.com, MANOKWARI, – Ikatan Keluarga Besar Numfor (IKBN) di Manokwari Raya direncanakan gelar ibadah lepas sambut tahun baru 2020. Ibadah ini dimaksud agar merajutkan kebersamaan masyarakat Byak asal Pulau Numfor.
Ketua Panitia Ibadah Lepas Sambut IKBN, Yan Agus Rumbewas SH mengaku, organisasi masyarakat Numfor yang mengusung moto ‘Kobe Oser Ko Sambrau Ma Kobawes’ ini direncanakan dilaksanakan di Pantai BLK Manokwari pada 25 Januari 2020 mendatang.
“Kita sudah melaksanakan rapat dua kali dan telah memutuskan bahwa Ibadahnya tetap dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2020 atau hari sabtu,”ujar Rumbewas yang ditemui wartawan, di Sekretariat Panitia Ibadah lapas sambut IKBN, Selasa (21/01/2020).
Untuk persiapan, kata dia, Panitia sudah mengedarkan surat pemberitahuan kurang lebih 500 lembar kepada masyarakat Numfor di seluruh Manokwari Raya.
“Undangan yang kita siapkan ada 1500 lembar. Kita undang semua tokoh-tokoh pemuda, perempuan, dan masyarakat asal pulau numfor yang tinggal di manokwari, dan mansel. Jadi tidak menutup kemungkinan diperkirakan jumlah masyarakat Numfor yang hadir ada 3 ribu orang. Tapi sesuai jumlah KK di Manokwari ada 30 ribu orang,”Sebut Rumbewas.
Menurutnya, organisasi IKBN sudah terbentuk di Manokwari sejak tahun 2002, namun belum ada kegiatan besar yang dilaksanakan. Maka melalui inisiatif pemuda dan para sesepuh keluarga Numfor yang berada di Manokwari mencoba untuk menggagas kegiatan di awal tahun 2020.
Sebagai Ketua Panitia, dia berharap kepada seluruh masyarakat Numfor, baik pemuda maupun mahasiswa agar dapat melibatkan diri dalam Ibadah tersebut.
Rumbewas menuturkan, organisasi IKBN ibarat sebuah perahu yang sudah lama tenggelam cukup lama dan sudah saat ini perahu ini dipergunakan kembali.
“Tidak mungkin ada orang dari luar yang datang untuk kasi timbul kita punya perahu inu kembali. Kitong yang ada ini, mari kitong sama-sama kumpul dan satu visi misi serta bergandeng tangan untuk meneruskan moto yang diturunkan kepada kitong generasi berikut yaitu kobes oser ko sambrau ma kobawes,”harapnya.
Sementara Septinus Kamer, salah satu tokoh masyarakat asal Pulau Numfor mengapresiasi para pemuda yang mampun menginisiasi kegiatan Ibadah IKBN di Manokwari.
“Kami sebagai orang tua, sangat mengharapkan kabor dan insos Numfor di Manokwari untuk kembali memperbaiki perahu yang sudah tenggelam ini,”tandas Kamer. (ONE/ON)
Baca Juga :  Mahasiswa PKL II dan Pendampingan di Prafi Bantu Petani Semai Padi Dengan Teknik Mulsa



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here