NEW!Breaking news - Puncak HPN, Dr. Keliopas Krey Terima Penghargaan PWI Papua Barat Baca Selengkapnya 

KesehatanManokwariPapua Barat

Pandemi Covid-19, Angka Kehamilan di Papua Barat Meningkat?

1 Mins read

Orideknews.com, MANOKWARI, – Ketua Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Papua Barat, Rita Carolina Apalem, SKM, M.Kes mengatakan masa pandemi Covid-19 saat ini bisa berimbas pada angka kehamilan di Papua Barat.

Disejumlah Provinsi di Indonesia, sesuai informasi yang diterima pihaknya, situasi pandemi covid-19, kini terjadi ledakan kehamilan.

Hal ini kata dia, bisa saja terjadi di Papua Barat karena beberapa faktor, mulai dari pelayanan mendapatkan alat kontrasepsi yang sulit, masyarakat juga banyak yang takut mendatangi pusat pelayanan kesehatan karena khawatir tertular Covid-19.

Kemudian juga, imbauan stay at home oleh pemerintah berisiko tinggi untuk pertemuan suami istri.

Rita menyebut, dari hasil webinar bersama BKKBN, belum lama ini, ada beberapa kabupaten sudah menganalisa data 3 bulan pertama tahun ini. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, jumlah kehamilan meningkat.

“Dari kita (Papua Barat.red) ada peningkatan, kita saat ini lagi kumpulkan data tapi masih belum selesai direkap,” ungkap Rita melalui sambungan telepon, Rabu, (27/5/2020) kepada orideknews.com.

Dia menambahkan, jika ada angka peningkatan kehamilan, maka pihaknya akan berkoordinasi kepada dinas untuk melakukan upaya-upaya antisipasi dari sisi pelayanan dalam situasi pandemi Covid-19. (ALW/ON)

Related posts
Papua BaratPegunungan Arfak

Bupati Yosias Saroy Gelar Syukuran di Distrik Hingk

1 Mins read
Orideknews.com, Pegaf– Setelah dilantik sebagai Bupati Pegunungan Arfak akhir Februari lalu oleh Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan, Jumat (5/3/2021) Keluarga Yosias… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
KesehatanPegunungan Arfak

Bupati Pegaf: Saya Himbau Agar Masyarakat Tidak Takut Divaksin

1 Mins read
Orideknews.com, Pegaf, – Bupati Pegunungan Arfak (Pegaf), Yosias Saroy, menerima vaksin Covid-19 dosis kedua di Puskesmas Anggi, Kamis (4/3/2021). Setelah Bupati Yosias… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
ManokwariOlahragaPapua Barat

Tengahi Masalah Internal Pengurus Asprov PSSI PB-Kepala Pelatih Galanita, Koni Bertemu Orang Tua Atlit

2 Mins read
Orideknews.com, Manokwari, – Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Papua Barat melakukan mediasi sekaligus pertemuan bersama orang tua dan para atlit Galatina Papua… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hati-hati Salin Tanpa Izin kena UU No.28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI No.19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
%d blogger menyukai ini: