NEW!Breaking news - Warinussy Harap Pelayanan RSUD Manokwari Menjalankan Prinsip 'The Right Man in the Right Place' Baca Selengkapnya 

ManokwariPapua Barat

Pandemi Covid-19, KPU Manokwari Beberkan Penerapan 12 Hal Baru di TPS

1 Mins read

Orideknews.com, MANOKWARI, – Teknis Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2020 mendatang, akan berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan ini diakibatkan pandemi Covid-19.

Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe melalui Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Fahry Rafli membeberkan 12 hal baru yang akan diterapkan di Tempat Pengumutan Suara (TPS).

Pertama, wajib memakai masker. Kedua menjaga jarak, minimal 1 meter. Ketiga wajib mencuci tangan. “Kami KPU juga sudah memesan logistik tambahan pada masa pandemi Covid-19, salah satunya yaitu tempat cuci tangan sehingga para pemilih sebelum masuk bilik suara harus mencuci tangan terlebih dahulu,” jelas Fahry.

Keempat, wajib mengukur suhu tubuh, yang akan dilakukan petugas KPPS. Fahry mengaku, jika pemilih yang mempunyai suhu diatas 37,3 derajat celcius akan memiliki bilik khusus.

“Suhu 37 juga belum tentu Covid tetapi untuk mengantisipasi maka akan dipisahkan,” sebutnya.

Kelima, akan disediakan sarung tangan plastik sekali pakai. Keenam, tinta tetes tidak lagi dicelupkan usai mencoblos namun ditetes menggunakan pipet.

“Kita berusaha supaya hal-hal yang bersifat bersentuhan itu kita kurangi. Ketujuh, maksimal pemilih 500,” tuturnya.

Kedelapan, petugas KPPS memakai Alat Pelindung Diri (APD). Kesembilan pengaturan kedatangan dijadwalkan. “Jika masyarakat berkerumun datang, maka kita akan antisipasi jarak yang akan disesuaikan,” ucpa Fahry.

Kesepuluh, disinfektan yang akan dilakukan secara berkala di TPS. Kesebelas dilarang berkerumun dan hindari kontak fisik. Kemudian terakhir petugas KPPS yang bertugas dalam kondisi sehat.

Fahry mengaku, terkait penerapan 12 hal baru di TPS pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten Manokwari melalui Satuan Gugus Tugas Covid-19.

“Kami juga sudah mensosialisasikan 12 hal baru di TPS ke masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19,” jelas Fahry kepada orideknews.com belum lama ini.

Selain itu, sebut Fahry, petugas Relasi KPU juga telah gencar membagikan brosur serta mensosialisasikan secara maksimal kepada masyarakat. (ALW/ON).

 

Related posts
Papua BaratPendidikan

Kabid SMK Dinas Pendidikan Papua Barat Temui 8 ASN, Hal Ini Yang Dibahas

1 Mins read
Kepala Bidang SMK dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Dr. Arius Mofu, M.Pd menemui 8 orang Aparat Sipil Negara (ASN) yang telah menerima… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Papua Barat

Sepanjang Tahun 2020, Ombudsman Perwakilan Papua Barat Terima 37 laporan Terkait Covid-19

1 Mins read
Orideknews.com, Manokwari, – Kepala Perwakilan Ombudsman Papua Barat, Musa Yosep Sombuk dalam rilis tahun 2020 Rabu, (6/1/21) lalu menyatakan, pihaknya telah menerima… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
KesehatanManokwariPapua BaratSosial

Penyandang Disabilitas di Manokwari Terima Bantuan Covid-19

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui program tangan kasih, memberikan bantuan bagi 275 penyandang disabilitas di kantor Dinas Sosial Kabupaten… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: