NEW!Breaking news - Kasus Peggelapan Dana BPJS Rp.1,5 M di RSUD Abepura Dilimpahkan ke Kejaksaan Baca Selengkapnya 

Manokwari SelatanPapua BaratPertanian

Panen Padi di Oransbari Manokwari Selatan Capai Produktivitas 8 Ton Per hektar

1 Mins read

Orideknews.com, MANOKWARI, – Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan, Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Dinas Terkait dan Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, drh. Purwanta,M.Kes menggelar panen padi sawah di Kampung Sidomulyo Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan, Senin, (11/5/2020).

Padi yang dipanen itu merupakan varietas Ciherang Cegeulis dengan luasan produktif 645 hektar dan mencapai produktivitas 8 ton per hektar. Hasil panen itu meningkat dari sebelumnya 6 ton per hektar.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan pada kesempatan itu, mengatakan, lahan sawah di Papua Barat seluas 10.500 hektar dari sejumlah kabupaten yaitu Manokwari, Manokwari Selatan, Sorong, Bintuni, Wondama, Sorong Selatan, Fakfak, Kaimana dan Raja Ampat.

Gubernur menyebut, dari panen padi itu, Provinsi akan membeli 1000 ton. Kemudian sisa dari panen itu akan menjadi stok pemda Manokwari Selatan pada masa pandemic covid-19.

Selaian panen padi, Gubernur juga menggelar pencanangan ketahanan pangan Kampung, dengan penanaman pangan lokal dalam rangka persediaan logistik pangan masyarakat Kampung untuk mengantisipasi dampak covid-19.

Sementara itu, Direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta mengatakan, sebagai UPT Kementerian Pertanian di Papua Barat sangat mendukung ketahanan pangan lokal akibat pandemic covid-19.

“Kami sebagai UPT kementerian Pertanian di Papua Barat, all out mendukung ketahanan pangan lokal dalam rangka dampak Covid 19 serta pengembangan pangan utama seperti beras yang dicanangkan Gubernir Papua Barat,” ungkap Purwanta, saat dihubungi, Selasa, (12/5/2020).

Dukungan nyata yang dilakukan pihaknya, sebut Purwanta, dengan menjalankan  Learning from home (LFH) untuk mendampingi petani tetap berproduksi di tengah pandemi Covid-19. (RR/ON)

Related posts
ManokwariPapuaPapua Barat

Penobatan Anak Adat Dicabut, BKAG Manokwari Minta hukum Ditegakkan Atas Persoalan Rasialisme

1 Mins read
  Pengurus BKAG Manokwari, yakni ketua umum Pdt. Hugo Warpur, MTh, wakil ketua 2, Pdt Daniel Rumaikewi, MTh, wakil ketua 5, Pdt… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
KesehatanPapua Barat

Hindari Hoax, Kadis Kesehatan Provinsi Papua Barat: Vaksin Covid-19 Secara Klinis Aman

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Otto Parorongan menegaskan tidak ada perbedaan vaksin yang disuntikkan pada Presiden RI, Jokowi… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
HukumManokwariPapua Barat

Viral Ujaran Rasisme, Ambroncius Nababan Diadukan ke Polda Papua Barat

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Ketua Komisi Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua Barat, Sius Dowansiba bersama pengurus resmi polisikan salah satu akun Facebook… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: