Pansus Papua Hadir di SMA YPK Oikoumene Manokwari, Mofu Apresiasi

0
Kepala SMA Oikoumene Manokwari, Drs. Arius Mofu, S.Pd
Kepala SMA Oikoumene Manokwari, Drs. Arius Mofu, S.Pd

Orideknews.com, MANOKWARI, – Kehadiran Pansus Papua Dewan Perwakilan Daerah di SMA YPK Oikoumene Manokwari mendapat apresiasi dari kepala sekolah Drs. Arius Mofu, S.Pd.

Kegembiraan dan apresiasi diutarakan Arius Mofu lantaran banyak sekolah di kabupaten Manokwari ini tetapi sekolah yang ia pimpin menjadi agenda dari kunjungan kerja Pansus Papua DPD RI.

Kedatangan rombongan Pansus Papua DPD Republik Indonesia yang dipimpin Dr. Filep Wamafma, SH.,M.Hum justru mendapat sambutan hangat oleh pihak sekolah. Agenda utama pansus Papua adalah melihat secara dekat infrastruktur Laboratorium yang akan dibangun.

“SMA YPK Oikumene merupakan sekolah yang adalah mayoritas terdiri dari anak-anak asli Papua (OAP)” sebut Arius Mofu, Jumat pekan lalu.

Arius mengutarakan, kunjungan itu bukan secara kebetulan, tetapi karena ada dorongan dari alumni SMA YPK Oikumene, Filep Wamafma (ketua pansus Papua DPD RI). Dari rombongan tersebut, tampak ada anggota DPD RI asal Papua Barat, Yance Samonsabra, Memberob Rumakiek, dan Sanusi Rahaningmas dan anggota DPD RI lainnya.

“kunjungan itu untuk mendukung program pembangunan laboratorium SMA YPK Oikumene Manokwari. Artinya ini menandakan bahwa kehadiran Pansus Papua untuk melihat Papua lebih Nyata dan bukan saja dari sisi pelanggaran HAM, tetapi pendidikan bagian dari agenda mereka” ungkap Mofu.

Dikatakan Mofu, kunjungan kerja pansus Papua merupakan kejutan, bahkan fakta karena selama ini setiap kunjungan dari pemerintah Pusat selalu ke sekolah negeri. Kali ini dalam sejarah karena DPD RI bisa hadir disini, sehingga hal ini sangat menarik karena sekolah yayasan dilirik untuk diperhatikan kedepannya.

Satu yang diakuinya bahwa, ada mantan gubernur Aceh Abdullah Puteh yang hadir juga ke SMA YPK Oikumene Manokwari,  maka ini akan menjadi motivasi bagi pihak sekolah kedepanya.

Baca Juga :  Kapolri Diminta Tepati Janjinya Berdayakan OAP dalam Jajaran Kepolisian

“SMA YPK Oikumene sangat lamban dalam berkembang, karena itu Pansus Papua mengakui ada bangunan mangkrak sehingga mereka sepakati bangun laboratorium ini,” ujar Arius diruang kerjanya.

Untuk itu keluarga besar SMA YPK Oikumene Manokwari sampaikan terima kasih dengan harapan setelah kembalinya pansus Papua ke Jakarta bisa ada kabar positif untuk  membangun laboratorium disini.

Guna menindaklanjuti program itu, Arius Mofu telah menyerahkan proposal bangunan Laboratorium tersebut kepada pansus Papua. Di kesempatan itu, tambah Mofu, pihak guru sempat berdiskusi dengan Pansus Papua tentang masalah pendidikan.(EN/ON)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here