NEW!Breaking news - Warinussy Harap Pelayanan RSUD Manokwari Menjalankan Prinsip 'The Right Man in the Right Place' Baca Selengkapnya 

Ekonomi & BisnisPetaniPolbangtan Manokwari

Peluang Petani Milenial di Pantura Manokwari Ditengah Covid-19

1 Mins read

Orideknews.com, MANOKWARI, – Salah satu petani milenial di Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Manokwari, Suyono, mengaku dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya, ia mampu meraup ribuan hingga jutaan rupiah perbulannya.

Pria yang biasa bekerja sebagai buruh bangunan ini mengatakan, dengan bertani dia mampu meraup keuntungan yang lumayan dibandingkan sebagai buruh bangunan.

“Kalau jadi buruh bangunan kadang ada kerja kadang tidak, dari sana saya mulai bertani,” ujar Suyono. Dengan ketelatenannya, Suyono menggarap lahan di pekarangan rumahnya sehingga perhari minimal Rp300.000 ia kantongi.

Dikatakan Suyono, masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya pun tertarik dengan apa yang dilakukannya. “Pakde ajari torang tanam sayur ka,” tutur Suyono menirukan Mama-mama yang meminta dirinya untuk mengajarkan tanam sayur mayur.

Alhasil, Suyono pun menuruti keinginan kaum ibu disana.  Disaat masyarakat sudah meminta untuk diajari bercocok tanam, menjadi kemudahan tersendiri bagi Suyono untuk berbagi ilmu.  Menariknya, kini ia dipercaya oleh masyarakat lokal Papua dalam menangani permasalahan pertanian.

Masyarakat lokal yang biasanya menanam dengan cara membuka lahan dari satu titik ke titik yang lain, saat ini sudah melakukan budidaya di pekarangan rumah.  Sawi, buncis, kacang panjang, tomat, bayam menjadi komoditi andalan para petani di wilayah Pantura Manokwari.

“Diniatkan menolong, setiap ada yang datang saya selalu bantu, kadang lokasinya cukup jauh, keluar masuk hutan tapi demi kemajuan pertanian di sini saya lakoni dengan ikhlas,” ungkap Suyono.

Apa yang dilakukan oleh Petani milenial di Manokwari Papua Barat ini, sesuai dengan apa yang diinstruksikan Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL) bahwa, di tengah pandemi Covid-19, pertanian harus tetap berporduksi untuk menopang ketersedian pangan bagi masyarakat.

Sama halnya dengan yang dikatakan Kepala Badan Pengembangan dan Penyuluhan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, pertanian merupakan garda terdepan pencegahan infeksi Covid-19. “Pertanian berperan penting  dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat,” sebutnya dalam berbagai kesempatan. (RR/ON)

Related posts
BiakEkonomi & BisnisPertanian

Bupati Herry Naap Serahkan Bantuan Bibit Sayuran Bagi Kelompok Tani di Sundey

1 Mins read
Orideknews.com, BIAK, – Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd menyerahkan bantuan bibit berbagai jenis sayuran dan tanaman palawija kepada enam kelompok… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
ManokwariPendidikanPolbangtan Manokwari

Sulastry Ayu, Mahasiswi Cantik Polbangtan Manokwari Juara 3 Lomba Photograhy Mahasiswa Tahun 2020

1 Mins read
Orideknews.com, Manokwari, – Pandemi Covid-19 yang masih belum kunjung reda, tak menyurutkan mahasiswi cantik asal Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari untuk mengukir… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
ManokwariPendidikanPolbangtan Manokwari

Sejumlah ASN Polbangtan Manokwari Dilantik bersama 1207 Pejabat Fungsional Kementan

1 Mins read
Orideknews.com, Manokwari, – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) melantik dan mengambil sumpah Pejabat Fungsional bertempat di Auditorium Gedung F, Kantor Pusat… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: