Penyuluh Peternakan Sayangkan, Kandang Sapi IB Yang Dibangun Polbangtan Manokwari Tak Difungsikan

0

Orideknews.com, MANOKWARI, – Salah satu penyuluh peternakan di Kampung Wasegi Pop, Solehah menyangkan kandang sapi Inseminasi Buatan (IB) yang dibuat Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari kini tak lagi difungsikan.

“Kandang ini hanya digunakan satu kali saja setelah proses pembuatan selesai, setelah hari itu, sudah tidak pernah lagi digunakan sampai saat ini,” ujar Solehah dalam keterangan tertulis oleh mahasiswi Polbangtan Manokwari, Andani Putri Fitriani belum lama ini.

Dia menjelaskan, kandang yang biasa digunakan untuk proses IB pada ternak sapi tersebut dibangun di tengah kebun kelapa sawit, karena sapi yang diternakkan di Kampung Wasegi Pop sebagian besar tidak dikandangkan dan hanya dibiarkan di kebun kelapa sawit.

“Saya sangat berterimakasih kepada pihak kampus Polbangtan Manokwari, karena telah membuatkan kami kandang yang bisa berguna dikemudian hari. Namun, sangat disayangkan sekali karena warga dikampung ini masih belum memahami cara dan fungsi inti dari kandang IB ini, saya berharap suatu saat warga Kampung Wasegi Pop khususnya para petenak sapi dapat menggunakan kandang ini agar tidak menjadi bangkai dan sia-sia,” ungkap Solehah.

Warga Kampung Wasegi Pop diketahui sebagian besar masih belum memahami fungsi dan inti dari kandang IB tersebut, sehingga kandang yang sudah dibuat sampai saat ini masih terbengkalai dan kondisinya sudah ditutupi rerumputan. Kandang yang terbuat dari kayu itu sebagian telah diserang serangga hingga rapuh. (RR/ON)

Baca Juga :  31 Mahasiswa STPP Manokwari Dampingi Petani Mansel dan Manokwari



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here