Petani Kampung Prafi Mulya Terbantu Dengan Hadirnya Bumdes

0

 


Orideknews.com, MANOKWARI, – Kehadiran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kampung Prafi Mulya, Sp 1 kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat sejak Februari 2020, sangat membantu para petani di Kampung tersebut.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kampung Prafi Mulya, Pariman mengaku sebanyak 13 kelompok tani terbantu dalam memasarkan hasil panen.

Bumdes yang diketuai carko itu, telah beroperasi selama 3 bulan. Carko menjelaskan, hasil pendapatan ekonomi petani di Kampung Prafi Mulya masih mengandalkan hasil pertanian seperti padi sawah, jagung, sayuran, kedelai, dan ubi jalar.

“Tidak semua petani memiliki keahlian dalam memasarkan hasil bumi mereka, untuk itu Bumdes membantu memberdayakan petani dalam hal pemasaran,” sebut Carko.

Untuk diketahui, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) merupakan turunan UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Kesan kuat yang dapat terlihat dari pertimbangan dalam pembentukan UU Desa adalah keinginan pemerintah untuk membentuk kelembagaan desa yang lebih maju, salah satunya dalam aspek ekonomi.

Pembangunan ekonomi desa didasarkan atas kebutuhan, potensi, kapasitas desa, dan penyertaan modal dari pemerintah desa dalam bentuk pembiayaan dan asset-aset desa yang bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa. (RR/ON)

Baca Juga :  Mahasiswa PKL Polbangtan Manokwari di Tana Toraja Buat Media Pembibitan Tanaman Kopi



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here