NEW!Breaking news - Kasus Peggelapan Dana BPJS Rp.1,5 M di RSUD Abepura Dilimpahkan ke Kejaksaan Baca Selengkapnya 

Ekonomi & BisnisPertanian

Petani Kampung Prafi Mulya Terbantu Dengan Hadirnya Bumdes

1 Mins read

Orideknews.com, MANOKWARI, – Kehadiran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kampung Prafi Mulya, Sp 1 kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat sejak Februari 2020, sangat membantu para petani di Kampung tersebut.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kampung Prafi Mulya, Pariman mengaku sebanyak 13 kelompok tani terbantu dalam memasarkan hasil panen.

Bumdes yang diketuai carko itu, telah beroperasi selama 3 bulan. Carko menjelaskan, hasil pendapatan ekonomi petani di Kampung Prafi Mulya masih mengandalkan hasil pertanian seperti padi sawah, jagung, sayuran, kedelai, dan ubi jalar.

“Tidak semua petani memiliki keahlian dalam memasarkan hasil bumi mereka, untuk itu Bumdes membantu memberdayakan petani dalam hal pemasaran,” sebut Carko.

Untuk diketahui, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) merupakan turunan UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Kesan kuat yang dapat terlihat dari pertimbangan dalam pembentukan UU Desa adalah keinginan pemerintah untuk membentuk kelembagaan desa yang lebih maju, salah satunya dalam aspek ekonomi.

Pembangunan ekonomi desa didasarkan atas kebutuhan, potensi, kapasitas desa, dan penyertaan modal dari pemerintah desa dalam bentuk pembiayaan dan asset-aset desa yang bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa. (RR/ON)

Related posts
BiakEkonomi & BisnisPertanian

Bupati Herry Naap Serahkan Bantuan Bibit Sayuran Bagi Kelompok Tani di Sundey

1 Mins read
Orideknews.com, BIAK, – Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd menyerahkan bantuan bibit berbagai jenis sayuran dan tanaman palawija kepada enam kelompok… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Ekonomi & BisnisPapua BaratTambrauw

Masyarakat Kampung Arfu Mendapatkan Dana Bantuan Rp.2,5 Juta Perkepala Keluarga

1 Mins read
Orideknews.com, MANOKWARI, – Masyarakat Kampung Arfu, Distrik Mubrani, Kabupaten Tambrauw mendapatkan dana bantuan sebesar Rp.2,5 juta perkeluarga dari alokasi dana Otsus tahun… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Ekonomi & BisnisJayapuraKesehatanPapua

Tak Hindahkan Imbauan, Belasan Pelaku Usaha Dikenai Sanksi Denda Oleh Satgas Covid-19 Kota Jayapura

1 Mins read
Orideknews.com, Jayapura Kota, – Sebanyak 19 pelaku usaha di Kota Jayapura dikenai sanksi denda oleh Tim Satuan Gugus Tugas (Gustu) Covid-19, Sabtu,… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: