Polbangtan Manokwari Gelar Bimtek SPMI

0
Polbangtan Manokwari Gelar Bimtek SPMI
Polbangtan Manokwari Gelar Bimtek SPMI

 


Orideknews.com, MANOKWARI, – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada 6-8 Februari 2020 di salah satu Hotel di Manokwari.

Direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta,M.Kes yang dihubungi Sabtu, (8/2/2020) mengatakan tujuan Bimtek Penyusunan Dokumen SPMI untuk  mensosialisasikan dokumen SPMI yang perlu dimiliki Polbangtan Manokwari, kemudian juga guna menyiapkan dokumen SPMI lingkup Polbangtan Manokwari.

“Perguruan tinggi sekarang wajib menerapakn system penjaminan mutu internal. Distandar nasional pendidikan tinggi itu, sudah ada standarnya, mulai dari standar pembelajaran, sarana prasarana, standar penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan lainnya. Kita di Polbangtan sementara menyusun itu,” jelas Purwanta melalui sambungan telepon.

Dari Bimtek itu, kata Purwanta, ada empat outputnya, yakni kebijakan SPMI, Manual SPMI, Mandat SMPI dan Formulir SPMI.

“Ini sudah wajib penerapannya, sehingga kita harus buat dokumennya dulu, kita harus menyatakan standar mutu, setelah itulah secara periodik 6 bulan kita audit sendiri, audit internal

Manfaat dari Bimtek itu, sebut Purwanta, guna meningkatnya budaya mutu dengan menjalankan siklus SPMI, Meningkatkan kinerja seluruh Civitas Aademika Polbangtan Manokwari, Terjaminnya pemenuhan atau pelampauan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti) sesuai dengan Permenristek Dikti No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Peserta bimtek sendiri, jelasnya bahwa, dari lingkup internal Polbangtan dengan menghadirkan  narasumber dari LLDIKTI Wilayah Sulawesi, Prof. Drs. Mansur Hamzah. (ALW/ON)

Baca Juga :  Hampir Sebulan, Aktifitas Belajar Mengajar Di Mamberamo Lumpuh Total



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here