Polbangtan Manokwari Ikut Workshop PPID di Banyuwangi

0
Polbangtan Manokwari Ikut Workshop PPID di Banyuwangi
Polbangtan Manokwari Ikut Workshop PPID di Banyuwangi

Orideknews.com, BANYUWANGI, – Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian mengundang seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) termasuk Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari pada Workshop Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Kegiatan yang digelar pada 4-6 Maret 2020 ini, bertujuan mewujudkan badan publik informatif yang sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kepala BPPSDMP melalui Kepala Bagian Perencanaan merangkap Plt. Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan Sekretariat BPPSDMP, Dewi Darmayanti, pada kesempatan itu, berpesan output dari kegiatan ini, setiap UPT mampu melakukan list best practice yang diperoleh dari UPT yang meraih penghargaan dan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuwangi yang juga meraih prestasi di bidang PPID, serta ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) dari pengalaman mereka.

“Tema besar pada pertemuan PPID kali ini adalah Penguatan dan Optimalisasi Peran dan Fungsi PPID Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Mendukung Kostratani,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, kata dia, diharapkan dapat menyamakan persepsi tentang bagaimana pengelolaan informasi dan dokumentasi di setiap unit kerja lingkup BPPSDMP yang mendukung Program Kostratani.

“Yaitu bagaimana pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang dapat mewujudkan kelembagaan yang solid dan SDM yang profesional dalam rangka mewujudkan badan publik informative,” ungkap  Dewi.

Pada workshop ini juga, melakukan kegiatan studi tiru (Benchmarking) ke Kantor Sekretariat Daerah, Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian serta Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi yang mendapatkan penghargaan PPID Terbaik se-Jawa Timur sejak tahun 2013 – 2019.

Direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes mengatakan, workshop yang diikuti sejumlah pegawai di lingkup Polbangtan ini, diharapkan pejabat PPID yang ditugaskan dapat mengimplementasikan hasil-hasil workshop demi pengelolaan PPID di lingkup Polbangtan Manokwari yang lebih baik lagi. (RR/ON)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here