Orideknews.com, Manokwari- Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari mulai melakukan rencana pembelajaran perkuliahan untuk tahun ajaran 2018/2019. Rencana tersebut dibahas melalui rapat penyusunan bahan ajar bagi dosen yang berlangsung Senin (6/8/2018) di Mansinam Beach Hotel.
Rapat tersebut melibatkan peserta sebanyak 26 orang terdiri dari Dosen, pejabat eselon III dan eselon IV, serta calon pranata laboratorium pendidikan (PLP). Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari (6-7/8/2018) di Mansinam beach hotel.
Dr. drh. Maya Purwanti, MS saat membuka rapat menjelaskan, rencana pembelajaran merupakan tahap perencanaan dalam proses pmbelajaran yang berlanjut dengan tahap persiapan, dan pelaksanaan pembelajaran.
“oleh karna itu rencana pembelajaran harus merefleksikan proses pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran melalui siklus belajar, latihan/praktikum, dan atau evaluasi secara progresif pada tiap tahapan capaian pembelajaran,” tuturnya.
Dengan demikian, lanjutnya, rencana pembelajaran diharapkan dapat memandu dosen dan mahasiswa untuk mewujudkan pembelajaran mandiri kepada mahasiswa.
Maya menyebut, rapat tersebut memiliki manfaat, diantaranya dengan prencanaan yang matang dan akurat dapat diduga keberhasilan yang akan dicapai. Sebagai alat untuk memecahkan masalah. “masalah dapat diantisipasi dan diprediksi jalan penyelesaiannya,” Katanya.
Kemudian, dapat memanfaatkan berbagai sumber belajar. Serta pembelajaran dilangsungkan secara sistematis. Selain itu juga memiliki beberapa fungsi yakni mreatif, Motivatif, Selektif, komunikatif, Prediktif, Akurasi, untuk mencapai tujuan, Konsultasi untuk evaluasi. (RR/ON)
Share.

Leave A Reply

error: Hati-hati Salin Tanpa Izin kena UU No.28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI No.19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)