Polbangtan Manokwari Perpanjang Penerimaan Mahasiswa Jalur Tugas Belajar dan Undangan

0
Polbangtan Manokwari Perpanjang Penerimaan Mahasiswa Jalur Tugas Belajar dan Undangan
Polbangtan Manokwari Perpanjang Penerimaan Mahasiswa Jalur Tugas Belajar dan Undangan

Orideknews.com, MANOKWARI, – Ketua Penerima Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, Ir. Carolina D. Mual, M.P mengatakan, proses PMB untuk jalur tugas belajar dan undangan diperpanjang.

Carolina mengaku, semula dijadwalkan hingga 31 Maret 2020, namun diperpanjang hingga 10 April 2020 melalui Jalur Tugas Belajar, Jalur Undangan, Jalur Kerjasama, Jalur Umum, dan Jalur Prestasi, Olahraga, Seni, Keilmuan dan Minat (POSKM).

Dia menjelaskan, Tim verifikator data saat ini juga sudah mulai bekerja meski berada di rumah atau work from home (WFH) untuk menyeleksi calon peserta didik dari jalur tugas belajar dan undangan.

“Masih terbuka peluang bagi generasi tani milenial hingga akhir April mendatang untuk bergabung di Polbangtan Manokwari, atau 5 Polbangtan lain bahkan Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI),” ujar Carolina.

Dikatakannya, Pendidikan Tinggi Vokasi Kementan yang tersebar di tujuh kota di Indonesia dengan nama Polbangtan dan PEPI menyiapkan sumber daya manusia (SDM) pertanian yang profesional, berdaya saing, dan wirausaha.

Pendaftaran, lanjut Carolina, dilakukan dengan mengakses pmb.polbangtanmanokwari.ac.id. Jalur Tugas Belajar diperuntukkna bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang disiapkan menjadi fungsional bidang pertanian, ahli dibidang pertanian, ataupun jabatan yang sangat diperlukan.

“Usia maksimal pendaftar jalur undangan 25 tahun, sedangkan bagi pendaftar yang berasal dari daerah Terpencil, Tertinggal, dan Terluar (3T) umur tertinggi 37 tahun,” rinci Carolina.

Dia menyatakan, jalur Undangan diperuntukkan bagi anak petani yang orang tuanya berprestasi, keluarga prasejahtera, dan 3T berkesempatan mendaftar di Polbangtan melalui jalur undangan ini.

Selain itu, generasi milenial yang berperan aktif dalam program Pertanian Masuk Sekolah (PMS) juga dapat bergabung lewat jalur undangan.

Sedangkan, bagi siswa yang direkomendasikan oleh Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian ataupun Sekolah Menengah Kejuruan Pembanguan Pertaninan (SMK-PP) binaan Kementerian Pertanian dengan akreditasi Minimal B.

“Siswa SMKPP atau SMK Pertanian yang tidak mendapat rekomendasi dari Kepala Sekolah, dapat mengikuti seleksi melalui jalur umum.  Berbeda dengan jalur tugas belajar dan jalur undangan, untuk jalur umum, kerjasama, dan POSKM baru dibuka awal April lalu hingga 30 April 2020,” tuturnya.

Carolina menyebut, siswa tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkesempatan menjadi generasi tani milenial melalui jalur umum.

Kemudian, Jalur Kerjasama diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang diutus oleh Pemerintah Daerah yang menjalin kerjasama dengan Polbangtan Manokwari dan diketahui oleh Pusat Pendidikan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (Pusdiktan BPPSDMP).

Carolina menambahkan, Jalur terakhir yakni jalur POSKM, siswa-siswa berprestasi bidang olah raga, seni, keilmuan dan minat baik tingkat provinsi, regional, nasional dan internasional. (RR)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here