Produk PWMP Polbangtan Manokwari dipasarkan di Lapak Kostratani Online

0
Salah satu produk PWMP Polbangtan Manokwari, Isotonik Akway. Foto: IST
Salah satu produk PWMP Polbangtan Manokwari, Isotonik Akway. Foto: IST

 


Orideknews.com, Manokwari, – Tindak lanjut Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Bukalapak dalam mendukung pemasaran produk pertanian, yakni dengan meluncurkan Lapak Kostratani Online.

Upaya Kementan dalam meningkatkan produktivitas dan penjualan hasil komoditas pertanian di Indonesia dengan menggadeng Bukalapak. Salah satu perusahaan e-commerce karya anak bangsa tersebut berencana menjalin kerjasama dengan Kementan pada Jumat (18/9/2020).

“Pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada sejumlah sektor terutama ekonomi, ” ungkap Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kepala Badan Penyuluhan dan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi dalam kegiatan Ngobrol Asyik Penyuluhan (Ngobras), pada Selasa, (22/9) secara online menyatakan, berbelanja online merupakan suatu keharusan yang dilakukan seiring dengan perubahan zaman.

“Sistem jual beli online bukan hanya keharusan, tapi sudah jadi kebutuhan,” ungkapnya.

Lapak kostratani online, kata dia, diharapkan akan mendekatkan masyarakat dengan produk-produk unggulan Kementan.

Pada para petani, penyuluh, dan juga petani pengusaha milenial, tegas Dedi untuk memperhatikan kemasan agar membuat masyarakat tertarik. Perizinan pun harus dilengkapi agar lolos untuk dijual secara online dan menjadi jaminan kualitas produk.

Dia lalu mengingatkan keberlanjutan program juga perlu dijaga, agar nampak keprofesionalitas usaha yang dijalankan.  Tercatat sebanyak 11 Produk Kostratani yang siap dipasarkan secara online.

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes mengaku di Kampus yang dipimpinnya tersebut ada dua produk andalan yang telah dipasarkan secara online maupun offline.

“Dua produk diantaranya yang terdiri dari Isotonik Akway dan Pakan Ternak Ayam berasal dari Petani Pengusaha Milenial binaan kami, lewat Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian atau PWMP,” tutur Purwanta. (NDS/RR/ON)

Baca Juga :  Sebanyak 8 Desa di Kabupaten Kepulauan Yapen Resmi Teraliri Listrik



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here