Program PWMP 2019, Polbangtan Manokwari Akomodir 30 Kelompok Usaha

0
Wakil Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari,Ir. Carolina Diana Mual,MP.
Orideknews.com, MANOKWARI – Wakil Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yang juga merupakan Penanggungjawab Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP), Ir. Carolina  Diana Mual,MP mengatakan Program PWMP tahun 2019 akan mengakomodir 30 kelompok.
Dari 30 kelompok PWMP itu, kata Carolina, 28 Kelompok dari Polbangtan Manokwari dan 2 kelompok di Universitas Papua yang nantinya 1 kelompok terdiri dari 3-5 orang.
“Kitakan kerjasama dengan Unipa, jadi untuk Unipa itu sasarnya ke alumni, kalau Polbangtan sebagai beasiswa, 1 kelompok mendapatkan anggaran Rp.30 juta,” jelas Carolina saat ditemui, Jum’at, (26/4/2019) di ruang kerjanya.
Dia menjelaskan bahwa, kelompok-kelompok itu nantinya akan diberikan bimbingan untuk menyusun rencana usaha, kemudian dipresentasikan.
“Nanti mereka ada Bimbingan Teknis (Bimtek) bagaimana mereka merencanakan usaha, bagaimana mereka me-manage usaha, lalu bagaimana mereka buat rancangan sebuah usaha,” ungkapnya.
Lanjut, Carolina mengaku program PWMP 2019 ini, pada bulan Mei 2019 mendatang, pihaknya sudah merekrut kelompok.
Untuk diketahui, Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP)  merupakan salah satu program Kementerian Pertanian yang dirancang dalam upaya penyadaran, penumbuhan, pemandirian, dan pengembangan minat, keterampilan serta jiwa kewirausahaan generasi muda di bidang pertanian.
Selain itu program ini juga dimaksudkan untuk mengembangkan peluang bisnis bagi lulusan sehingga mampu menjadi job-creator di sektor pertanian. Sedangkan bagi lembaga penyelenggara PWMP, program ini diharapkan bisa sebagai pusat pengembangan wirausahawan pertanian yang berbasis inovasi agribisnis.(RR/ON)
Baca Juga :  Realisasi Anggaran Polbangtan Manokwari Melebihi Target Pusat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here