Puluhan Mahasiswa Polbangtan Manokwari Ikut Bela Negara di Kodam XVIII/Kasuari

0
Puluhan Mahasiswa Polbangtan Manokwari Ikut Bela Negara di Kodam XVIII/Kasuari
Puluhan Mahasiswa Polbangtan Manokwari Ikut Bela Negara di Kodam XVIII/Kasuari
Orideknews.com, MANOKWARI, – Sebanyak 85 mahasiswa semester 5 Politeknik pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari mengikuti pelatihan bela Negara di Kodam XVIII/Kasuari pada 12-14 September 2019.
Pangdam XVIII/Kasuari, Onesimus Wayangkau melalui Asisten Teritorial Kasdam XVIII/Kasuari, Kolonel Kav, Susanto mengatakan pelatihan bela Negara yang digelar merupakan salah satu implementasi dari MoU yang telah dilakukan antara Kodam XVIII/Kasuari dan Polbangtan Manokwari.
“Jadi dari polbangtan Manokwari ini, sudah bekerjasama dengan Kodam Kasuari, kita ada MoUnya, penjabaran sudah banyak. Kegiatan tidak hanya ini saja,” jelas Kolonel Kav, Susanto.
Dia mengaku, kegiatan bersama Polbangtan Manokwari bukan hanya bela Negara, ada sejumlah kegiatan lain, seperti Pembinaan Pramuka. Juga pembinaan kegiatan lain telah dilakukan selama 2 tahun berjalan.
direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta,M.Kes
direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta,M.Kes
“Pembinaan pada mahasiswa-mahasiswa yang baru masuk dan sebelum masuk ke Politeknik. Juga Pembinaan Menwa. Kita lakukan pemberian wawasan kebangsaan, kita lakukan teori, selain itu, langsung aplikasikan dilapangan,” ungkapnya.
Kolonel Kav, Susanto menjelaskan, kedepannya tidak menutup kemungkinan pihaknya akan mengembangkan pelatihan seperti itu untuk seluruh lapisan generasi muda, tidak hanya mahasiswa, tapi generasi pemuda yang lain.
Sementara itu, direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta,M.Kes mengaku pelatihan bela Negara sudah setiap tahun dilakukan antara Polbangtan dan Kodam XVIII/Kasuari.
 “Tentu melalui kegiatan ini kita akan membangun, intinya adalah karakter mahasiswa. Karakter yang kayak apa? karakter yang kita sesuaikan dengan profil lulusan kita yaitu, karakter yang berjiwa kewirausahaan yang disiplin, kerja keras dan terpenting adalah cinta tanah air,” kata Purwanta.
Dia menjelaskan, kegiatan itu merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti mahasiswa. Alasan dilakukannya kegiatan tersebut selain menindaklanjuti MoU Polbangtan-Kodam, lanjut Purwanta, payung hukumnya sudah jelas di Undang-undang Dasar dan UU pertahanan Negara.
direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta,M.Kes
direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta,M.Kes
“Kami sebagai lembaga pendidikan tinggi dibawah kementerian Pertanian, ini sudah ada instruksi presiden juga tahun 2018 harus ada rencana aksi. Tapi kami jauh sebelum itu, telah dilakukan. Kenapa demikian? Karena bagaimanapun ini kan generasi muda yang akan jadi penerus kita.
Dikatakan Purwanta, sudah saatnya mahasiswa dibekali dengan kegiatan itu karena mahasiswa adalah calon-calon pemimpin 10-15 tahun kedepan.
“Kalau karakter mereka kita tidak bangun, nah bagaimana kerangka bicara kita dalam kerangka NKRI,” tutur Purwanta.
Dia berharap kegiatan tersebut terus berkelanjutan dalam rangka membentuk karakter mahasiswa Polbangtan Manokwari guna mewujudkan lulusan yang profesional, mandiri dan berjiwa kewirausahaan.
“Dengan karakter-karakter dari disiplin kerja kemudian terpenting adalah cinta tanah air dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia,” tandas Purwanta. (RR/ON)
Baca Juga :  Dorong SMTK Diaspora Dinegerikan, MRP-PB Sudah Temui Menteri Agama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here