Purwanta Harap Ponpes Nurul Yaqin Sorong Jadi Santripreneur di Bidang Pertanian

0
Purwanta Harap Ponpes Nurul Yaqin Sorong Jadi Santripreneur di Bidang Pertanian
Purwanta Harap Ponpes Nurul Yaqin Sorong Jadi Santripreneur di Bidang Pertanian

 



 


Orideknews.com, SORONG, – Sebagai penanggungjawab kegiatan Program Penumbuhan dan Penguatan Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) (KSTM), sesuai SK Menteri Pertanian No.185/KPTS/OT.050/M/3/2019, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari meninjau salah satu KSTM di Kabupaten Sorong.

KSTM yang menjadi tujuan peninjauan adalah KSTM Ponpes Nurul Yaqin yang terletak di Aimas Kabupaten Sorong. KSTM Ponpes Nurul Yaqin ini merupakan salah satu penerima program tersebut pada Mei 2019 lalu.

Melalui program KSTM, Polbangtan Manokwari menyalurkan bantuan berupa 1000 ekor ayam buras, kandang, pakan dan paket obat-obatan hewan untuk 2 kelompok KSTM dan telah mengalami perputaran produksi untuk yang ke 4 kalinya.

Direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes saat meninjau perkembangan KSTM Ponpes Nurul Yaqin, mengapresiasi kinerja Ponpes Nurul Yaqin dalam mempertahankan bantuan dan bahkan mengembangkan bantuan menjadi unit usaha bagi Ponpes Nurul Yaqin.

Purwanta berharap melalui KSTM di Ponpes Nurul Yaqin akan muncul santripreneur di bidang pertanian.

Sementara itu, Pembina KSTM Ponpes Nurul Yaqin, Ustadz Sarwono mengatakan, bantuan ayam di KSTM yang dibina, dijadikan sebagai media pembelajaran bagi Santri dilingkungan pesantren serta sebagai unit usaha pesantren.

Ustadz Sarwono lalu mengucapkan terimakasih kepada Polbangtan Manokwari yang telah memberikan bantuan melalui KSTM yang dipimpinnya, dirinya siap menjaga dan mengembangkan bantuan tersebut.

Untuk diketahui  Program KSTM ini, sesuai target yang dibebankan oleh Menteri Pertanian sejumlah 10 KSTM, di Papua Barat terdapat di beberapa kabupaten kota seperti di Kabupaten Manokwari, 4 KSTM yaitu 2 KSTM di Ponpes Hidayatullah masing – masing 30 anggota, 1 KSTM di Ponpes Salafiyah dengan 20 anggota dan 1 KSTM di Ponpes Darussalam dengan jumlah anggota 20 orang.

Kota Sorong, 3 KSTM yaitu 2 KSTM di Ponpes Emeyodere masing-masing 20 anggota dan 1 KSTM di Ponpes Daarul Atsar Al Islamy jumlah 20 anggota dan Kabupaten Sorong 3 KSTM yaitu 1 KSTM di Ponpes Salafiyah Safi’iyah jumlah 20 anggota, 1 KSTM Ponpes Nurul Yaqin jumlah 20 anggota dan 1 KSTM Ponpes Hidayatullah jumlah 20 anggota. (RR/ON)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here