Sejumlah Pjs Bupati Dilantik Gubernur Papua Barat

0
Sejumlah Pjs Bupati Dilantik Gubernur Papua Barat. Foto: IST
Sejumlah Pjs Bupati Dilantik Gubernur Papua Barat. Foto: IST

 


Orideknews.com, MANOKWARI, –  Pejabat sementara (Pjs) Bupati di lima daerah di Papua Barat resmi dilantik oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Sabtu(26/9/2020).

Kelima Pjs Bupati yang diambil sumpah jabatan tersebut masing-masing Asisten I Bidang Pemerintahan dan Otsus Setda Papua Barat, Drs. Musa Kamudi, M.Si kini menjabat Pjs Bupati Manokwari Selatan. Staf ahli gubernur Papua Barat, Roberth Rumbekwan, SH.,MH jabat Pjs bupati Kabupaten Manokwari. Kepala Dinsos Papua Barat, Lasarus Indow menjabat Pjs Bupati Pegunungan Arfak (Pegaf).

Selanjutnya, Kepala Biro Pemerintahan Setda Papua Barat,  Agustinus Rumbino, S.Ip.,MSI jabat Pjs Bupati Teluk Bintuni dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Papua Barat,  Latief Suari  jabat Pjs Teluk Wondama.

Pelantikan tersebut dilaksanakan terbatas dan sesuai dengan protokol kesehatan, sehingga hanya dihadiri Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Drs. Tornagogo Sihombing,  Kabinda Papua Barat Brigjen TNI Hardani Lukitanta,  Waket DPR Papua Barat Saleh Siknun dan Sekda Pemprov Nataniel D. Mandacan serta pejabat teras pemprov.

Kehadapan kelima Pjs Bupati tersebut, Gubernur Dominggus menyatakan, tanggung jawab Pjs untuk menjalankan roda pemerintah di daerah setempat, sebab saat ini kelima daerah tersebut para bupati akan cuti di luar tanggungan negara.

Menurut Gubernur, selama masa kampanye berlangsung pjs bupati akan mengisi kekosongan tersebut hingga masa kampanye berakhir. Untuk tiga daerah lainnya seperti Fakfak dan Kaimana, bupati dan wakil tidak lagi maju karena sudah jabat dua periode sehingga tidak ada Pjs. Kemudian kabupaten Raja Ampat, akan diisi oleh wakil bupati. (EN/ON)

Baca Juga :  Piet-Matret Komitmen Kembalikan Seluruh Hak Masyarakat Adat Yang Telah Hilang



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here