Serahkan Sapi Kurban, Dandim 1801/Manokwari: Semangat Prajurit, Pantang Menyerah dan Rela Berkorban

0
Serahkan Sapi Kurban, Dandim 1801/Manokwari: Semangat Prajurit, Pantang Menyerah dan Rela Berkorban
Serahkan Sapi Kurban, Dandim 1801/Manokwari: Semangat Prajurit, Pantang Menyerah dan Rela Berkorban

 


Orideknews.com, MANOKWARI, – Dandim 1801/Manokwari, Kolonel Arm Airlangga menyerahkan secara simbolis satu ekor sapi kurban dalam rangka Perayaan Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi di halaman Masjid Al-Ikhlas Kodim 1801/Manokwari, kelurahan Manokwari Timur, Distrik Manokwari Barat Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Sabtu (1/8/2020).

Penyerahan sapi kurban ini diterima oleh Ketua Panitia Perayaan Idul Adha di Masjid Al Ikhlas Kodim 1801/Manokwari, Pelda H. Sugiyanto

Pada kesempatan itu, Dandim 1801/Manokwari, Kolonel Arm Airlangga mengatakan, dengan kurban tersebut ada beberapa nilai yang bisa dipetik yaitu bagaimana telah ditunjukan oleh Nabi Ibrahim. Bahwa Nabi Ibrahim sebagai salah satu Nabi yang taat dan patuh kepada Perintah Allah SWT. Hal tersebut sama dengan Prajurit apapun Perintah yang diberikan Pimpinan dalam rangka menjaga kedaulatan harus dipatuhi.

“Demikian juga dengan Nabi Ismail, yang mana dengan keikhlasan dan kerelaan untuk melaksanakan Perintah dari Allah SWT yang diberikan kepada orang tuanya. Sama halnya bila diaplikasikan dengan Tugas Pokok sebagai TNI semangat seorang Prajurit yaitu pantang menyerah dan rela berkorban,” jelas Dandim.

Dia berharap kepada panitia agar daging kurban nantinya dapat disalurkan kepada mereka yang berhak menerima.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Idul Adha di Masjid Al Ikhlas Kodim 1801/Manokwari, Pelda H. Sugiyanto menyampaikan, bahwa pada tahun ini Panitia Perayaan Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi menerima sebanyak 12 ekor Sapi dan Tiga ekor Kambing dari Shohibul Qurban.

Dia merincikan bahwa, hewan kurban kali ini pihaknya diberikan satu ekor sapi dari dari Gubernur Papua Barat, satu ekor sapi dari Bupati Kabupaten Manokwari, satu ekor sapi dari Dandim 1801/Manokwari, tiga ekor sapi dari Bank Indonesia Wilayah Papua Barat, satu ekor Sapi dari Ibu-ibu Muslimat Persit Kodim 1801/Manokwari, satu ekor sapi dari Masjid Jami’ Merdeka, empat ekor sapi dari Kelompok Pekurban, satu ekor kambing dari SDN 01 Kota Manokwari dan dua ekor kambing dari perorangan pekurban.

Baca Juga :  Buka Tarian Perdamaian Papua, Gubernur Dominggus Apresiasi Parjal

Pelda H. Sugiyanto menerangkan, dalam pendistribusian dari daging kurban, panitia menjangkau dua wilayah Masjid, antara lain Masjid Al Ikhlas Kodim 1801/Manokwari dan Masjid Jami’ Merdeka, panitia akan mendistribusikan sesuai dengan rekapan tentang Mustahiq yang sudah terdata  ke panitia kurban yaitu sebanyak 505 Keluarga.

“Masjid Jami’ Merdeka masih dalam masa pembangunan dan tempat lokasi pemotongan tidak tersedia, sehingga nantinya panitia Kurban Masjid Al Ikhlas Kodim 1801/Manokwari akan menyalurkan kepada warga masyarakat muslim yang berada diwilayah sekitar Asrama Makodim dan wilayah Masjid Jami’ Merdeka,”  jelas Pelda H. Sugiyanto. (ALW/ON)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here