NEW!Breaking news - Puncak HPN, Dr. Keliopas Krey Terima Penghargaan PWI Papua Barat Baca Selengkapnya 

Ekonomi & BisnisPendidikanPetaniPolbangtan Manokwari

TEFA Komoditas Ayam Broiler Diharapkan Bekali Tani Milenial Polbangtan Manokwari

1 Mins read

Orideknews.com, MANOKWARI –  Melalui penerapkan Teaching Factory (TEFA) atau pendekatan pembelajaran yang menyelaraskan konsep pekerjaan industri modern diharapkan dapat mengintegrasi industri dan akademi melalui adaptasi atau penyesuaian kurikulum pembelajaran.

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes mengatakan sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi di bawah naungan Kementerian Pertanian (Kementan) Polbangtan lebih mengedepankan praktik dari pada teori dalam metode pengajaran.

“TEFA merupakan model pembelajaan berbasis produk.”kata Purwanta.

Dengan adanya TEFA Polbangtan Manokwari, jelas Purwanta, dapat bersinergi dengan dunia industri untuk mencetak Jobcreator bidang pertanian dalam arti luas, termasuk di dalamnya bidang peternakan.

“Berjalannya Tefa komoditas peternakan khususnya ayam broiler dan petelur, diharapkan dapat membekali para generasi tani milenial dengan pengalaman yang mereka dapatkan selama belajar di TEFA,” ungkapnya.

Lanjut, sebut Dokter hewan alumnus Pendidikan Dokter Hewan, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini, dia membekali peserta didikinya dengan tatalaksana budidaya ternak.

“Ayam broiler hasil budidaya Tefa Polbangtan Manokwari telah mengikuti tatacara budidaya yang baik, sehingga dijamin kualitas ayam yang bebas dari penyakit zoonosis,” tutur Purwanta.

Lebih lanjut Purwanta menjelaskan, budidaya Ayam broiler hasil budidaya Tefa diawali dengan desinfeksi litter atau sekam sebelum ternak disebar dalam kandang.  Hal ini berguna untuk membasmi bibit penyakit apabila ada yang menempel di litter tersebut.

Kemudian, dilanjutkan dengan pembersihan, pencucian, dan penyemprotan kandang serta peralatan kandang menggunakan desinfektan.  Untuk hasil maksimal pencucian tempat minum dan tempat pakan dilakukan secara rutin dua kali sehari.

Dikatakan Purwanta, Budidaya yang baik juga mencakup pelaksanaan manajemen pemeliharaan yang baik. “Proses budidaya yang dilakukan oleh generasi tani milenial ini, menuntut mereka untuk mampu memahami tata laksana brooding, tata laksana ransum dan air minum,” beber Purwanta.

Dia menambahkan, untuk kondisi perkadangan, memperhatikan kualitas litter, melakukan penanganan bangkai dan feses ayam dengan tepat, serta mengatur kepadatan kandang dengan optimal, mendukung terciptanya kualitas ternak yang bebas dari penyakit zoonosis. (RR/ON)

Related posts
NasionalPendidikan

Kolaborasi Kementan-Kemendikbud Hadirkan Penerapan Konsep Merdeka Belajar

1 Mins read
Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan penandatanganan kerjasama dukungan duta petani milenial terhadap penerapan merdeka belajar,… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Ekonomi & BisnisManokwariPapua Barat

Pemodal Besar Monopoli, Aspater Manokwari Minta Kadin Papua Barat Lindungi dan Dukung UMKM

3 Mins read
Orideknews.com, Manokwari,– Wakil ketua Asosiasi Kerukunan Peternak Ayam Petelur Manokwari, Farid Maulana berharap Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Papua Barat selaku kumpulan… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Ekonomi & BisnisManokwariPapua Barat

PLN UP3 Manokwari Himbau Masyarakat Relakan Tanamannya Jika Dipangkas

1 Mins read
Orideknews.com, Manokwari, – Sebagian besar gangguan jaringan listrik di Manokwari akibat pepohonan. Hal ini diakui Plh. Manajer PLN UP3 Manokwari, Arvy Tryudha…. Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hati-hati Salin Tanpa Izin kena UU No.28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI No.19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
%d blogger menyukai ini: