UPT Pendidikan Kementan Perkuat Kerja Sama Dunia Usaha dan Dunia Industri

0

Orideknews.com, Manokwari, – Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes mengatakan Teaching Factory (TEFA) berperan dalam menjembatani pelaksanaan pendidikan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Dalam pelaksanaannya, sebut Purwanta, Polbangtan Manokwari memiliki dua lokasi TEFA, yakni di Lahan Praktik Andai dan di Kampus Reremi, Manokwari, Papua Barat.

Jelas Purwanta, komoditas pangan lokal, tanaman, hortikultura, tanaman perkebunan, budi daya ternak, serta camping ground menjadi wadah bagi para mahasiswa belajar mengenal lebih jauh DUDI.

“Dengan adanya Tefa menjadi kan lulusan Polbangtan Manokwar menjadi generasi tani milenial yang kompeten, inovatif, dan berjiwa agrosociopreneurship,” ungkapnya.

Dia menambahkan, selama 4 tahun, mahasiswa mendapatkan pelajaran yang bukan hanya teori namun juga kegiatan nyata di lapangan dan didampingi oleh mitra DUDI yang telah bekerja sama dengan Polbangtan Manokwari seperti, PT. Medco Capital Group Manokwari, PT. Medion Farma Jaya dan PT. Super Unggas Jaya.

Untuk diketahui, amanah Presiden RI menggerakkan perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta memiliki keahlian spesifik.

Presiden Joko Widodo menyatakan, peran aktif Perguruan dengan Dunia Usaha dalam menjalin kerja sama.  Tak sekedar memberi pengalaman bagi mahasiswa, kerja sama ini juga diharapkan dapat terjalin penelitian dan pengembangan dunia usaha dan dunia industri (DUDI)

Sementara, berbagai strategi diterapkan agar peserta didik mampu beradaptasi dengan DUDI dan juga sebagai bentuk percepatan regenerasi pertanian.  Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian (BPPSDMP Kementan) berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan menjalankan 7 Perguruan Tinggi Vokasi khususnya bidang pertanian.

“Perguruan Tinggi Vokasi Pertanian telah menjalin kerjasama dengan dunia industri baik skala lokal maupun internasional,” sebut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam beberapa kesempatan.

Baca Juga :  Nono Sampono Ziarah ke Makam Abraham Atururi di TMP Manokwari

Melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), BPPSDMP Kementan memfokuskan sistem pembelajaran berbasis Teaching Factory (TEFA).  Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi meyakini pendidikan vokasi memegang peran penting dalam peningkatan kapasitas SDM pertanian. (Nds/RR/ON)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here