Wabah Covid-19, Senator Yance Samonsabra Gelar Aksi Sosial di 4 Kabupaten

0
Wabah Covid-19, Senator Yance Samonsabra Gelar Aksi Sosial di 4 Kabupaten
Wabah Covid-19, Senator Yance Samonsabra Gelar Aksi Sosial di 4 Kabupaten

Orideknews.com, MANOKWARI, – Di tengah wabah virus corona disease (Covid-19) yang membuat kepanikan terhadap masyarakat di Papua Barat, Anggota Komite III DPD Republik Indonesia asal dapil Papua Barat, Yance Samonsabra, SH lakukan aksi peduli sosial.

Aksi peduli itu dilakukan dengan cara membagikan Paket Sembako dan sabun antiseptik kepada masyarakat di empat daerah sekaligus, di antaranya Kabupaten Manokwari, Kabupaten Fakfak, Kota Sorong dan kabupaten Sorong. Aksi pembagian Sembako yang disiapkan secara khusus di daerah Manokwari ini sebanyak 460 paket.

Setiap kepala keluarga diberikan beras 5 kilogram dan sabung cuci tangan atau antiseptik yang disiapkan secara khusus untuk diperuntukkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Senator Yance Samonsabra, menjelaskan, sembako yang berikan ke masyarakat di kabupaten Manokwari tersebar di distrik Manokwari Selatan, Manokwari Barat, Manokwari Timur dan dataran Warpramasi.

Bantuan sembako itu, disalurkan melalui ketua RT/RW atau tim kerja sahabat Yance Samonsabra (YS) setempat dan selanjutnya disalurkan secara khusus bagi masyarakat yang membutuhkan menyusul adanya wabah Covid-19.

Pembagian sembako yang sama juga akan dilakukan oleh tim kerja di Kota Sorong, kabupaten Sorong dan kabupaten Fakfak.

“Pembagian sembako dan sabun antiseptik ini disalurkan  secara bertahap dalam minggu kerja di distrik Manokwari Timur, distrik Manokwari Barat, Distrik Manokwari Selatan dan dataran Prafi,” ungkap Yance, Senin (6/4).

Lebih lanjut, Yance mengatakan, sebanyak 460 paket sembako sudah disiapkan tim sahabat dan sabun antiseptik. Selanjutnya setiap distrik siapkan 50-an lebih paket sembako dan sabun pencucian tangan yang langsung disalurkan kepada setiap kepala keluarga melalui RT/RW.

Dengan bantuan aksi sosial ini diharapkan dapat meringangkan beban hidup masyarakat dan setidaknya bisa bermanfaat, meskipun bantuan sosial itu, sebut Yance tidak sebesar apa yang diharapkan. “Tetapi sedikit dari berkat ini bisa membantu kekurangan warga ditengah menghadapi Covid-19 ini,” tuturnya.

Baca Juga :  Sekjen Bawaslu RI Apresiasi Kerja Bawaslu Papua Barat

“Kalau bisa kontraktor, pengusaha di daerah Papua Barat untuk juga memberikan bantuan kepada masyarakat melalui dana CSR sehingga membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi beban masyarakat menghadapi wabah penyakit Covid-19,” kata Yance.

Biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan sosial di empat titik ini sebesar Rp 80 juta untuk belanja kebutuhan sembako bagi masyarakat. Menurut dia, aksi sosial ini bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat dengan adanya wabah Covid-19.

Bantuan ini diserahkan pertama kepada perwakilan warga Jemaat GPDI Bethel Pasirido, berlanjut ke warga di Arowi, Kampung Susweni, Fanindi Pante, kompleks Wirsi, dan kampung Inggramui.

Ketika menyerahkan bantuan ini Yance mengatakan, bantuan ini dapat membantu masyarakat. Dengan harapan wabah Covid-19 ini berakhir sehingga masyarakat kembali beraktivitas.

Dia menambahkan bahwa sebagai wakil rakyat di daerah Papua Barat, Yance tentu turut merasakan kesusahan yang dihadapi masyarakat dalam menghadapi Covid-19 ini. (EN/ON)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here