Yance Samonsabra: Program BumDes Bantu Ekonomi Rakyat

0
Anggota Komite III DPD Republik Indonesia asal dapil Papua Barat Yance Samonsabra SH.,M.Si
Anggota Komite III DPD Republik Indonesia asal dapil Papua Barat Yance Samonsabra SH.,M.Si

 


Orideknews.com, MANOKWARI, – Anggota Komite III DPD Republik Indonesia asal dapil Papua Barat Yance Samonsabra SH.,M.Si menghadiri peresmian gedung Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Kampung Wamfoura, Distrik Masni, kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jumat (28/2).

Dalam kesempatan itu, Yance mengatakan, banyak  BumDes yang terbentuk di 12 kabupaten se-Papua Barat, tetapi di kabupaten Manokwari saat ini yang masih berjalan sampai sekarang dan terus dikembangkan oleh aparat Kampung, pendamping dan didukung pemerintah daerah.

Dikatakannya bahwa, BumDes ini hadir karena kebutuhan rakyat, lahirnya bumdes juga, adanya musyawarah Kampung sehingga seluruh masyarakat bersepakat untuk mendirikan bumdes.

Apa manfaat dari bumdes ini, tentu saja, kata Yance, untuk memberikan kemandirian usaha kepada masyarakat setempat melalui program kampung. Bahkan menurut Yance, maju dan tidaknya usaha dari bumdes ini ada di perangkat kampung, pendamping dan didukung sepenuhnya oleh seluruh masyarakat.

Untuk kedepanya, Yance menyarankan kepada semua pendamping desa agar sosialisasi tentang BumDes kepada seluruh masyarakat di kampung.

“Saya berpengalaman dalam bidang pendamping desa di Papua Barat selama 10 tahun sebelum terpilih menjadi wakil rakyat di DPD RI, sehingga saya harapkan kepada pendamping desa untuk tidak bosan-bosan sosialisasi tentang manfaat dari BumDes ini kepada masyarakat,” ungkap Yance Samonsabra.

Yance juga menyampaikan, saat ini Panitia Perancang Undang-undang (PPU) DPD RI sedang mendorong untuk adanya UU Badan Usaha Milik Desa, meskipun secara jelas telah diatur dalam undang-undang desa.

Kata dia, sejauh ini tim PPU sudah melakukan koordinasi tentang naskah akademisi ke semua pihak terkait. Oleh sebab itu perlu adanya dukungan dari semua pihak lebih khusus masyarakat.

“kita harus mendorong agar Bumdes ini memiliki payung  hukum sendiri sehingga menjamin masyarakat, aparat kampung untuk lebih kreatif mendorong semua potensi sumber daya alam di desa/kampung untuk dikembangkan guna memberikan peningkatan ekonomi rakyat,” ungkap Yance.

Baca Juga :  Kata Ketua Pansus Papua Terkait Kontak Senjata Yang Menyebakan 2 TNI Gugur

Yance Samonsabra mengajak seluruh masyarakat Papua Barat untuk mendukung pihaknya sehingga perjuangkan produk hukum untuk BumDes.

Ia menjelaskan bumdes hadir karena adanya musyawarah kampung yang disepakati membuka bumdes, maka alangkah baiknya ada produk hukum yang menjamin hadirnya bumdes.

Yance berjanji kepada aparat Kampung setempat  untuk memberikan bantuan dua unit laptop untuk mengembangkan program di bumdes ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo menyampaikan terima kasih kepada seluruh aparat kampung Wamfoura, Distrik Masni, kabupaten Manokwari, sebab sudah berinisiatif membangun suatu badan usaha milik desa dengan memanfaatkan dana desa.

Di kesempatan ini, Budoyo menyampaikan bahwa hadirnya bumdes ini untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa dengan memanfaatkan potensi SDA di kampung ini untuk dikelola.

Kedepannya pemkab Manokwari, kata Edi Budoyo, pemerintah akan mendorong berkembangnya BumDes tersebut. Untuk itu, Edi Budoyo ikut membantu modal sebesar Rp 5 juta kepada pengurus Bumdes.

Wabup juga berterima kasih kepada aparat Kampung setempat yang sudah bermusyawarah membangun toko mini yang dikelola langsung oleh Bumdes.

Setelah memberikan sambutan, senator Yance Samonsabra mendampingi Wabup Edi Budoyo  meresmikan gedung Bumdes ditandai dengan pemotongan pita.(EN/ON)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here