Orideknews.com, SORONG – Sosialisasi 4 Pilar kembali digelar di Madrasah Aliyah Negeri Man Insan Cendikia Sorong Papua Barat (1/6) yang diberikan Anggota MPR RI Chaidir Djafar, SE. dari Kelompok DPD RI Daerah Pemilihan Papua Barat. 

“Kami tidak bosan-bosan memberikan pemahaman tentang pancasila kepada pelajar yang merupakan tunas bangsa melalui sosialisasi 4 Pilar ditengah gempuran era digital saat ini” Kata Chaidir Djafar kepada Media ini usai memberikan Sosialisasi.

Ia mengatakan, lembaga pendidikan formal setingkat SMA/SMK dan MA perlu diberikan pemahaman konstruktif dalam merevitalisasi nilai pancasila ditengah kehidupan berbangsa.

“Kepada puluhan pelajar MAN Insan Cendikia saya sampaikan pelajar perlu mendapat asupan pemahaman pancasila dengan benar agar menjadikanya sebagai perisai untuk memfilter berbagai pengaruh negatif dari luar maupun didalam Negeri” Tuturnya.

Mantan Anggota DPR-PB periode 2009/2014 itu menjelaskan sebuah fakta menarik bahwa terjadi pergeseran nilai dan orientasi di kalangan masyarat utamanya Generasi muda, disebabkan adanya kecenderungan sikap hedonis, materealis, apatis bahkan Intoleran di kehidupan masyarakat saat ini.

“Karakter masyarakat Indonesia yang terkenal sangat populis dan nasionalis bergeser karakternya menjadi elitis dan pragmatis, bahkan dalam kehidupan demokrasi kerap terjebak pada pemikiran ethnonationalism dan tribalism atau pemikiran kebangsaan berdasarkan etnis dan mentalitas mengunggulkan suku, agama atau golongan.

Ia Juga mengatakan,  karena kurangnya keteledanan, dan kondisi kehidupan ekonomi masyarakat yang rentan kemiskinan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi tergurasnya nilai pancasila,selain itu persoalan tersebut, maka revitalisasi nailai-nilai Pancasila seharusnya dijadikan sebagai sebuah gerakan bersama, pelajar sebagai intelektual organik yang berfungsi melakukan  tranformasi nilai dan ilmu pengetahuan serta sebagai wadah pengedukasian dan pembentukan karakter bangsa dituntut untuk meningkatkan perannya.

“Diharapkan peranan pelajar dan dunia pendidikan dalam proses transformasi nilai-nilai Pancasila dapat dilaksanakan secara sistematis dan terukur.”kata pria yang biasa disapa Bang Yull

Ia mengingatkan, agar semangat revitalisasi Nilai-nilai Pancasila yang dilaksanakan oleh para Guru dan tenaga pendidik lainya di Man Insan Cendikia  sorong hendaknya dapat menghindari pemikiran-pemikiran yang berpotensi menjadikan Pancasila sebagai instrument untuk menghegomoni masyarakat dan alat meligitimasi kepentingan kekuasaan.

Dalam sosialisasi tersebut yang dihadiri para Guru dan Pelajar Man Insan Cendikia yang berlangsung sekitar satu jam berjalan dengan lancar dan mendapat apresiasi. (Redaksi)

Share.

Leave A Reply

error: Hati-hati Salin Tanpa Izin kena UU No.28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI No.19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)